Cara memperbaiki Keyboard Laptop yang Rusak Parah !

cara memperbaiki keyboard yang rusak lengkap


Pada komputer atau laptop, keyboard merupakan salah satu hardware yang penting .karena keyboard sangat dibutuhkan dalam mengoprasikan komputer. Jika ada masalah pada keyboard anda tentunya akan sangat menggangu kenyamanan dalam menggunakan laptop. Jangan khawatir jika terjadi demikian, karena saya akan menjelaskan tentang Cara memperbaiki Keyboard Laptop yang Rusak Parah ! Anda tidak perlu terburu-buru menuju tempat service dan mengeluarkan biaya mahal untuk memperbaikinya, karena saya yakin andapun bisa melakukannya .

Ciri-ciri Keyboard yang Rusak atau Erorr :

  • Pada saat keyboard ditekan sekali akan terus muncul banyak karakter.
  • Satu atau beberapa tombol pada keyboard mati .
  • Matinya lampu backlit pada laptop tertentu .

Penyebab Terjadinya Kerusakan pada Keyboard Laptop :

  • Keyboard pada laptop tersiram atau kemasukan air .
  • Banyaknya debu yang masuk pada sela-sela keyboard .
  • Terlalu menekan pada saat menggunakan keyboard .

Cara memperbaiki Keyboard Laptop yang Rusak :

1. Menganalisa kerusakan 
  Tekan semua tombol yang ada pada keyboard satu persatu . Tandailah tombol yang tidak bisa berfungsi. Pastikan hal apa yang membuat keyboard tidak muncul,  apakah hanya diakibatkan software yang macet, apakah memang keyboard yang rusak?

2. Bersihkan tombol yang tidak berfungsi 
   Ambilah kain lap halus yang sedikit dibasahkan untuk membersihkan permukaan tombol pada keyboard yang tidak berfungsi . Jika tombol tidak bisa ditekan biasanya terdapat debu didalamnya , bersihkanlah dengan hati-hati .

3. Lepaskan tombol yang tidak berfungsi 
  Gunakanlah gunting kuku atau semacamnya untuk melepaskan tombol yang tidak berfungsi pada keyboard . Gunakanlah hook kecil untuk menarik secara perlahan sampai kunci sudah benar -benar telah ertarik keluar . Angkatlah engsel plastik yang ada di bawah tombol yang tidak berfungsi dan bersihkan dengan hati-hati .

4. Bersihkan sensor keyboard 
  Gunakanlah kain kering untuk membersihkannya. Lakukanlah dengan lembut dan hati-hati.
Sensor adalah penggerak kecil yang berbentuk foil dengan bentuk sebuah baris merupakan komponen atau kunci yang telah terhapus . Jangan membersihkannya dengan kain basah karena hal ini bisa menyebabkan konslet dan kerusakan pada keyboard .

5. Pasang kembali tombol dengan benar 
   Setelah semua tombol yang tidak berfungsi sudah dibersihkan . Pasanglah tombol sesuai semula dengan benar

6. Uji keyboard anda 
 Setelah pemasangan selesai cobalah untuk meghidupkan laptop kembali dan cobalah tombol- tombol yang sudah di perbaiki tadi.

Keterangan !

Jika dalam keadaan mendesak anda juga bisa menggunakan keyboard eksternal agar bisa tetap menulis atau mengoprasikan laptop . Hal ini hanya berlaku sementara karena keyboard harus tetap di perbaiki agar kerusakan tidak semakin parah . 

Jika cara tersebut tidak berhasil maka saatnya anda untuk membawanya ke tukang service, tidak perlu memaksakan untuk memperbaikinya sendiri jika tidak mampu. karena hal itu akan menambah kerusakan pada laptop anda .