Cara memperbaiki RAM Komputer yang Rusak atau Error Secara Lengkap

RAM (Random Access Memory) merupakan komponen (hardware) penyimpanan yang akses datanya dilakukan secara acak, tidak memperhatikan letak data dalam memory. Berbeda dengan media penyimpanan lain seperti hardisk dan removable disk, data-data yang tersimpan dalam RAM bersifat sementara, artinya akan hilang ketika RAM tidak dialiri listrik (komputer dimatikan). Komponen yang satu ini tergolong fragile (rapuh), terkena debu sedikit saja bisa mengganggu kinerja bahkan membuat rusak (Sumber: Wikipedia)

Jenis-Jenis RAM Komputer



Dalam dunia komputer, memory RAM dibedakan menjadi tiga, yaitu DDR, DDR2 dan DDR3. Yang membedakan ketiganya selain dari bentuknya adalah kecepatan akses data yang dimiliki dan kebutuhan daya dalam beroperasi.

DDR1 

Double Data Rate (DDR) hanya memiliki frekuensi transfer data antara 200-400 MHz (voltase 2,5 volt),

DDR2 



DDR2 antara 400-1066 MHz (voltase 1,8 volt),

DDR3 



 DDR3 berkisar antara 2133 MHz (voltase 1,5 volt).

Kesimpulannya adalah Kecepatan akses datanya meningkat hingga dua kali lipat setiap generasi, dan kebutuhan tegangan juga menurun.


Ciri-ciri RAM yang Rusak 

  1. Tidak ada tampilan pada monior pada saat dinyalakan padahal kipas processor dan hardisk sudah menyala.
  2. Komputer sering mengalami Blue Screen (BSOD)
  3. Terdengan bunyi “bip” panjang terus-menerus, atau “bip” pendek satu kali, atau “bip..bip(3x)..bip” berulang pada saat booting .
  4. Komputer sering mengalami hang / macet .

Cara memperbaiki RAM Komputer yang Rusak atau Error

1. Bersihkan Pin Ram dengan kain halus atau penghapus pensil. 
           Silakan gosok pin tembaga pada RAM dengan menggunakan penghapus yang lembut. Tujuan dari cara tersebut ialah untuk membersihkan tembaga dari debu dan kotoran serta “memancing” ion-ion pada tembaga untuk kembali aktif. Anda juga bisa mengganti penghapus dengan kain yang lembut untuk menggosok. Coba pasang kembali dan nyalakan komputer Anda. Biasanya pada tahap ini RAM yag error atau rusak berhasil diperbaiki

2. Bersihkan Ram secara menyeluruh. 
           Jika pada cara pertama belum berhasil, lakukan cara kedua. Dengan membersihkan seluruh permukaan memory dengan menggunakan tiner atau alkohol. Gunakan cotton bath untuk membantu membersihkan kaki-kaki IC. Pastikan benar-benar bersih dan kering sebelum memasangnya kembali.

3. Bersihkan slot Ram yang ada pada mainboard.
          Jika Ram memang masih bagus dan bisa diguakan cobalah untuk membersihkan slot Ram yang ada dalam mainboard dengan bersih dan hati-hati .

4. Ganti Power Supply 
          Jika tegangan yang ada pada komputer tidak stabil maka gantilah power suply dengan yang baru.

5. stimulasi arus listrik pada RAM dengan Multimeter.
           stimulasi arus listrik pada RAM dengan Multimeter. Caranya, set skala multimeter pada skala Ohm dengan posisi ukuran bebas (10K, 100K, dan seterusnya). Lalu tempelkan jarum negatif (kabel hitam) pada salah satu pin tembaga pada kaki-kaki RAM, dan jarum positif (kabel merah) pada kaki-kaki IC memory. Tempelkan jarum kabel merah pada semua kaki IC/chipset memory satu persatu. Jika sudah, bersihkan dan pasang RAM.

Bagaimana apakah cara diatas sudah berhasil membuat RAM anda sembuh ?? jangan khawatir jika RAM belum juga sembuh saya mempunyai cara jitu agar RAM yang rusak bisa kembali normal .

Cara Jitu Memperbaiki RAM dengan Detergen dan Memanaskannya.

Cara ini termasuk cara yang ekstrim. Saya hanya berani mencuci RAM apabila sudah yakin bila RAM saya benar-benar mati dan tidak bisa diperbaiki dengan tiga cara di atas.
Caranya, rendam RAM dalam air detergen sambil disikat dengan sikat lembut. Setelah itu, angin-anginkan sampai benar-benar kering. Setelah kering, panaskan RAM dengan hair dryer, oven, atau langsung di bawah sinar matahari. Ingat, jangan memanaskan terlalu lama karena PCB akan rusak.

Demikian tentang Cara Jitu Memperbaiki RAM Komputer yang Rusak atau Error 
semoga RAM anda berhasil diperbaiki sehingga tidak perlu mengeluarkan uang untuk membeli RAM baru .
Terima kasih :)