Microsoft Luncurkan Windows 10 Khusus untuk China

Tiongkok merupakan salah satu negara yang mempunyai peraturan khusus dalam bidang perdagangan. Tidak semua produk dari luar bisa masuk ke negara tersebut . hal ini membuat masyarakat china lebih bisa mencintai produk -produk dalam negri . Demikian juga peraturan internet , tidak semua situs dapat beroperasi di  dinegara tersebut. bahkan Google, Twitter, Facebook dan situs internasional lainya juga tidak dapat beroperasi.



Mengenai masalah tersebut, Microsoft bekerjasama dengan China Electronics Technology class Corporation (CETC), sebuah perusahaan teknologi China yang berbasis pada kota Beijing . Hasil dari kerja samanya adalah Windows 10 Zhuangongban. Versi windows 10 yang disesain khusus untuk dipergunakan juga khusus di negara China.

Perbedaan antara Windows 10 yang biasa dijumpai dengan Windows 10 Zhuangongban ini yaitu Windows 10 Zhuangongban ini didesain lebih sederhana. Pihak Microsoft pun membentuk sistem operasi ini dengan jumlah aplikasi yang lebih sedikit jika dibandingkan dengan versi Windows 10 lainnya. Itulah yang diungkapkan oleh Haupter Dalam wawancaranya dengan majalah Caixin.

Tidak hanya itu saja, pihak Microsoft juga memberikan peningkatan kualitas keamanan pada Windows 10 Zhuangongban ini. Sebagai tambahan, Windows 10 Zhuangongban ini dilengkapi dengan kontrol manajemen yang merupakan permintaan dari Pemerintah Cina. Haupter tidak menjelaskan lebih lanjut mengenai tampilan dari Windows 10 khusus Pemerintah Cina ini. Namun yang pasti, sistem operasi Windows 10 khusus ini masih tetap bisa digunakan untuk menjalankan program yang kompatibel dengan OS Windows.